3 Cara Mendidik Anak Menurut Islam yang Orang Tua Wajib Tahu!

cara mendidik anak menurut islam, pola asuh islami, parenting islami

Sebagai orang tua, kita harus tahu cara mendidik anak menurut Islam. Bahkan ketika seorang bayi lahir, agama Islam sudah mengajarkan hal apa saja yang harus dilakukan orang tua agar dapat menentukan langkah awal hidup anak.

Meski begitu, dalam perjalanannya memang tidak mudah cara mendidik anak menurut Islam. Namun Allah sudah memberikan pola asuh anak sesuai ajaran agama dan sesuai dengan usia dalam Al Quran dan Hadis. Walau mungkin zaman sudah makin berubah, tapi pegangan ajaran agama tetap bisa dilakukan dalam membesarkan anak.

Tentunya ini tidak lepas dari semangat orang tua untuk terus berusaha mengajari buah hatinya nilai Islam. Penasaran apa saja? Berikut tiga cara mendidik anak menurut Islam yang dikutip dalam kajian oleh dr. Aisah Dahlan CHt CM NNLP.

3 Cara Mendidik Anak Menurut Islam

cara mendidik anak menurut islam, pola asuh islami, parenting islami, nenek, ibu dan anak

Bacaan Lainnya

1. Tanamkan ketauhidan pada anak

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

“Setiap bayi yang terlahir dilahirkan dalam keadaan fitrah (Islam) maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya seorang Yahudi, Nashrani, atau Majusi” (H.R Bukhari).

Sejak usia dini, kenalkan anak pada Tuhan dan jangan menyekutukanNya dengan apapun juga. Cara paling mudah untuk dimengerti balita adalah dengan banyak melakukan obrolan sehari-hari seputar objek di sekeliling anak.

Contoh percakapan dan pertanyaannya, seperti “Siapa pencipta matahari?” atau “Siapa yang menciptakan bintang di langit?” Nanti ajarkan anak dan beri pemahaman kalau hanya Allah sang Maha Pencipta. 

2. Didiklah anak dengan lemah lembut, namun tetap tegas

Dalam surat Ali imran ayat 159, Allah sudah mengajarkan sebenarnya cara mendidik anak menurut Islam yang benar. Yaitu dengan sikap penuh kasih sayang, lemah lembut tapi tetap tegas sesuai ajaran agama.

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ

Artinya: “Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal”.

 Pada ayat di atas disebutkan bahwa dalam cara mendidik anak menurut Islam adalah dengan sikap lemah lembut. Jika orang tua atau anak sedang marah, keras hati, berdebat dan berhati kasar, ada baiknya untuk menjauh terlebih dahulu. Setelah marahnya agak reda, baru saling memaafkan dan memohon ampun pada Allah.

Lalu mulai ajak anak mengobrol dan bermusyawarah baik orang tua atau anak. Sehingga tercapai kesepakatan bersama yang membuat kasih sayang kembali ada karena Allah.

Bahkan dr. Aisah Dahlan mengajarkan doa untuk melembutkan hati anak setiap hari dan setiap waktu. Berikut doanya:

“Ya Allah, saya mohon lembut (Sebut nama lengkap anak). Ya Allah, saya maafkan anakku (Sebutkan nama lengkap anak). Dan ampunilah dia (Sebut nama lengkap anak).

InsyaAllah hati ibu dan anak akan lebih damai, karena Allah sebenar-benar Maha melembutkan segalanya.

3. Positif parenting dengan menjadi panutan baik bagi anak dalam banyak hal

cara mendidik anak menurut islam, pola asuh islami, parenting islami, kakak sayang adik

Mengajarkan adab dan akhlak sesuai cara mendidik anak menurut Islam paling mudah adalah dengan menjadi panutan orang tua yang Islami bagi anak. Karena sebenarnya anak merupakan cerminan cara orang tua mendidik anaknya selama ini. 

Dengan melakukan pola asuh positif parenting, orang tua akan lebih dalam mendidik anak sesuai ajaran Islam. Lakukan dengan mengutamakan rasa kasih sayang terhadap anak bukan dengan kekerasan. Pahami sifat dan karakter anak masing-masing dan gunakan bahasa kasih yang sesuai dengan pribadi anak.

Hal ini bisa dimulai sejak dalam kandungan dengan memperdengarkan ayat Allah pada janin. Kebiasaan baik seperti menjaga salat wajib 5 waktu pasti juga akan tersimpan dalam memori otak anak, sehingga bila akan diajarkan salat dengan benar anak tidak akan keberatan.  

Semoga 3 cara mendidik anak menurut Islam di atas bisa menjadi tips parenting orang tua yang ingin anaknya menjadi pribadi soleh tau solehah dan berperilaku sesuai tuntunan Al Quran dan Hadis. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

28 ÷ seven =