10 Kado Untuk Ibu Setelah Melahirkan yang Bermanfaat, Anti Mubazir!

kado untuk ibu setelah melahirkan, ide kado untuk ibu melahirkan, ibu gendong bayi setelah melahirkan

Ingin memberikan kado yang berguna dan bisa langsung dipakai ibu baru, ini rekomendasi kado untuk ibu setelah melahirkan yang bisa jadi pilihan.

10 Kado Untuk Ibu Setelah Melahirkan

Tak perlu bingung lagi saat mencari kado untuk ibu setelah melahirkan, cek 10 pilihannya di bawah ini:

1. Gendongan Bayi

kado untuk ibu setelah melahirkan, ide kado untuk ibu melahirkan, gendongan bayi

Bacaan Lainnya

Salah satu kado untuk ibu setelah melahirkan yang bisa Mama berikan adalah gendongan bayi. Meski sekarang gendongan bayi sangat banyak macamnya, Mama tidak perlu bingung memilih. Pilih gendongan yang bisa mendukung ibu menggendong secara M-Shape dan dapat menopang tubuh dengan benar. 

Mama bisa pilih jarik, ring sling, baby wrap atau gendongan ssc.  Ada beberapa gendongan dengan model fit to growth yang bisa digunakan dari anak usia 0 bulan hingga balita. Jadi sangat bermanfaat kan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. 

2. Tas Bayi atau Diaper Bag

kado untuk ibu setelah melahirkan, ide kado untuk ibu melahirkan, tas bayi gabag

Perlengkapan bayi yang wajib dimiliki ini biasanya ibu hamil sudah punya sebagai persiapan persalinan di rumah sakit. Tapi bila bumil yang juga teman atau saudara Mama belum punya tas diaper bayi dengan cooler bag sebagai wadah penyimpan hasil pumping atau MPASI hangat, ini bisa jadi kado pilihan. Apalagi untuk ibu bekerja, pasti sangat bermanfaat membawa diaper bag ini. ASI hasil pumping bisa dimasukkan ke tas cooler bag terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas rumah.

Apalagi sekarang tas bayi serbaguna ini memiliki banyak model menarik yang cocok untuk dibawa ke kantor, traveling atau bahkan pergi keluar rumah sejenak. Tas bayi ini akan memudahkan membawa ASIP dan beberapa potong baju saat berada di luar rumah untuk vaksin atau sekedar jalan-jalan. 

3. Pompa ASI

kado untuk ibu setelah melahirkan, ide kado untuk ibu melahirkan, pompa asi mom uung

Pompa ASI merupakan salah satu kado yang diidam-idamkan ibu yang akan melahirkan, loh Apalagi kalau sang ibu merupakan pekerja kantoran yang ingin tetap bisa menyusui bayinya. Pasti peralatan pumping ini sangat bermanfaat sampai 2 tahun lamanya. Mama bisa memilih kado alat pompa ASI yang manual atau elektrik, tergantung budget yang akan Mama keluarkan. 

4. Perlengkapan Mandi

kado untuk ibu setelah melahirkan, ide kado untuk ibu melahirkan, perlengkapan mandi bayi pigeon

Ada banyak perlengkapan mandi bayi, mulai dari bak mandi, baby bather bouncer, handuk, sabun, sampo, body lotion hingga pembersih gigi bayi. Bila ingin memberikan toiletries pastikan produk perlengkapan mandi yang dipilih tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa membuat kulit bayi iritasi. 

5. Baju Bayi

kado untuk ibu setelah melahirkan, ide kado untuk ibu melahirkan, hampers baju bayi

Baju merupakan pilihan paling mudah ketika Mama mencari kado untuk bayi baru lahir. Ada banyak motif dan varian yang menggemaskan cocok untuk bayi. Tapi tetap perhatikan segi kenyamanan bayi. Pilih baju yang berbahan halus dan lembut dan dapat menyerap keringat dengan baik. 

Untuk ukuran, lebih baik bajunya yang agak besar dari usianya. Selain awet dipakai, biasanya bayi akan cepat tumbuh kembangnya. Kan sayang kalau baju tidak dipakai karena sudah tidak muat.

6. Kursi Bayi

kado untuk ibu setelah melahirkan, ide kado untuk ibu melahirkan, kursi bayi

Ada banyak kursi bayi yang bisa dijadikan ide kado. Mulai dari bouncer, high chair (kursi makan bayi), atau stroler bisa menjadi pilihan Mama memberikan kado. Pilih produk yang terpercaya dan kokoh, sehingga tidak mudah rusak.

Kursi bouncer bayi memang sangat membantu ketika bayi baru lahir, namun saat bayi mulai pintar bolak-balik badan harus mulai diawasi penuh. Pilih bouncer yang bisa digunakan sampai anak toddler jadi lebih awet.

Untuk kursi makan, Mama bisa pilih yang mudah dibersihkan. Jadi saat MPASI, ibunya tidak repot ketika makanan berceceran dimana-mana. Jika memiliki budget lebih, Mama bisa membelikan stroler atau kursi kereta dorong bayi yang bisa digunakan saat bayi jalan-jalan.

7. Buku Bayi

kado untuk ibu setelah melahirkan, ide kado untuk ibu melahirkan, buku bayi soft book

Bayi dibelikan buku cerita? Kenapa tidak! Sekarang ada banyak buku cerita yang cocok untuk bayi. Mama bisa memilih buku dengan hard book atau soft book dengan warna dan cerita menarik. 

Soft book bisa dipegang bayi sejak dini, biasanya dilengkapi teether yang memudahkan bayi saat menggigit. Selain itu soft book juga bisa diremas dan ada bunyinya, bayi pasti bukan hanya senang membacanya tapi juga bermain kan?.

Untuk buku hard book atau board book, Mama bisa pilih buku dengan tema cerita yang sederhana. Tahu tidak, semakin sering bayi dibacakan buku cerita ternyata indera pendengaran dan penglihatannya juga akan semakin terlatih. Sangat cocok untuk perkembangan motorik bayi. 

8. Mainan Bayi

kado untuk ibu setelah melahirkan, ide kado untuk ibu melahirkan, mainan bayi mothercare

Meski sudah umum sebagai kado lahiran, Mama bisa memberikan mainan yang edukatif untuk bayi. Jangan lupa pilih yang warnanya cerah sehingga menarik perhatian anak untuk memainkannya. Selain itu cari mainan dengan bahan aman dan tidak ada ujung tajam. Contohnya, soft toys bola yang ada bunyinya. 

9. Perlengkapan Makan Bayi

kado untuk ibu setelah melahirkan, ide kado untuk ibu melahirkan, perlengkapan makan bayi nubi

Perlengkapan makan bayi diperlukan saat MPASI di usia 6 bulan, tapi Mama bisa memberikannya sebagai kado lahiran. Pilih produk yang memiliki ujung tidak tajam, sehingga tidak membahayakan bayi. Lalu perlengkapan makannya juga harus bahan BPA free dan bisa disetrilkan, jadi aman untuk bayi. Mama bisa memilih botol minum bayi dengan sedotan yang mudah dibersihkan. 

10. Alas Bermain Bayi (Playmat)

kado untuk ibu setelah melahirkan, ide kado untuk ibu melahirkan, alas main bayi, playmat

Kegiatan tummy time wajib dilakukan Mama dan bayi sejak baru lahir. Dan sangat disarankan menggunakan alas matras yang empuk dan mudah dibersihkan. Karena itu karpet alas bermain bayi atau disebut playmat merupakan ide kado untuk ibu setelah melahirkan yang sangat direkomendasikan. Bukan hanya untuk tummy time, bayi yang sering bereksplorasi seperti di karpet alas lantai, ternyata akan lebih cepat dalam perkembangan motorik kasarnya loh!

 

Itu tadi rekomendasi 10 kado untuk ibu setelah melahirkan yang pasti akan bermanfaat untuk ibu dan bayi dalam jangka waktu lama. Semoga memudahkan Mama dalam memilih kado.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× five = fifteen