Bikin Wajah Mulus, Ini 9 Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

skincare untuk menghilangkan bekas jerawat

Ada banyak produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat dijual di pasaran. Tapi tidak semua terjamin keamanannya. Coba cek rekomendasi produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat di bawah ini, siapa tahu ada yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit wajah Mama. 

Tidak hanya mengganggu karena memberikan rasa nyeri, jerawat juga meninggalkan bekas yang tak jarang sulit dihilangkan. Tapi kabar baiknya, ada produk skincare yang bisa melakukannya, seperti facial cleanser, toner, moisturizer, serum dan essence

Kenali Jenis Bekas Jerawat

Mengenali jenis bekas jerawat penting dilakukan sebelum menentukan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Hal ini diperlukan untuk mengetahui respons kulit terhadap iritasi atau inflamasi (peradangan). 

Umumnya bekas jerawat dibedakan atas dua jenis, yakni:  

Bacaan Lainnya

1. Warna, yang dibagi lagi menjadi dua tipe, yaitu: 

  • PIE (post-inflammatory erythema), bekas jerawat yang tampak kemerahan atau keunguan akibat peradangan yang bikin pembuluh darah membesar. 
  • PIH (post-inflammatory hyperpigmentation), bekas jerawat yang tampak menghitam akibat hiperpigmentasi.

2. Tekstur yang bisa berbentuk acne scar (luka jerawat), bopeng, dan luka atropik. Bekas jerawat ini muncul karena kebiasaan mengeluarkan isi jerawat secara paksa sehingga untuk menghilangkannya butuh perawatan tambahan di klinik untuk menghilangkan bekas jerawat –terutama luka atropik.

Tips Memilih Produk Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Pastikan Mama memahami beberapa hal ini sebelum menentukan merek produk skincare:  

Jenis skincare 

Dari sekian banyak jenis skincare, mana yang Anda butuhkan. Umumnya sih jenis skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang wajib ada itu cleanser, moisturizer, sunscreen, dan exfoliator.

Cek komponen 

Untuk Mama ketahui, tak semua produk skincare dilengkapi komponen penghilang bekas jerawat, apalagi komponen-komponen penghilang bekas jerawat itu beragam. Jadi, telitilah mengecek komposisi produk. 

Ini beberapa komponen penting yang terkandung dalam skincare untuk menghilangkan bekas jerawat:  

  • Kojic Acid berfungsi mencerahkan luka jerawat yang berwarna gelap. Komponen yang terbuat dari berbagai jenis jamur ini ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat, mencerahkan area gelap bekas jerawat, mencerahkan tanda-tanda penuaan serta mencegah perubahan warna kulit akibat sinar matahari.
  • Glycolic Acid bertugas memudarkan noda bekas jerawat dengan cara mengeksfoliasinya. Komponen ini juga berfungsi sebagai anti-aging karena mampu meminimalisir kerutan dan garis halus pada wajah. 
  • Niacinamide bertugas merawat kulit yang mengalami hiperpigmentasi hanya dalam waktu empat minggu pemakaian saja. 
  • Vitamin C berperan mencerahkan dan mencegah noda hitam datang kembali, serta merevitalisasi dengan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Hindari yang mengandung bahan aditif

Memang, penggunaan zat aditif pada skincare tidak bisa terhindarkan, tapi setidaknya Mama bisa memilih yang paling sedikit menggunakan zat-zat berbahaya. Misalnya saja zat aditif seperti pengawet dan pengemulsi, itu harus ada di skincare guna menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri, juga mempertahankan tekstur.

Setidaknya, hindarilah yang paling berbahaya, seperti paraben, mineral oil, surfaktan hidrofobik, alkohol, parfum dan pewarna.

Pilih yang sudah memiliki izin edar BPOM

Mengapa harus lolos uji Badan  Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)? Itu karena produknya sudah terjamin tak mengandung bahan berbahaya. Selain itu, BPOM juga selalu melakukan pengawasan berkala untuk memastikan produsen konsisten terhadap keamanan produknya.

9 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Ini dia 9 skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang banyak direkomendasikan: 

Erha Exfoliating Cleansing Scrub

Di dalamnya ada kandungan niacinamide dengan tekstur krim disertai butiran scrub halus yang sangat nyaman di kulit wajah. 

Erha Exfoliating Cleansing Scrub tidak hanya membantu mengurangi minyak, tapi juga komedo dan beruntusan. Wanginya enak, loh! Untuk pemakaiannya, cukup dua kali seminggu saja.  

Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Toner

skincare untuk menghilangkan bekas jerawat, Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Toner

Ini toner unik karena di dalamnya terkandung ekstrak lendir black snail danTruecica. Peranan masing-masing bahan tersebut adalah membantu memperbaiki jaringan kulit dan memperkuat skin barrier.

Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair juga dilengkapi bahan skincare untuk menghilangkan bekas noda lainnya. Seperti arbutin, niacinamide, dan white flower complex yang bertugas mengurangi produksi melanin berlebih dan hiperpigmentasi. 

Oleh karena toner, maka tekstur produk ini pun cair. Yang membedakannya dari toner lain adalah Mama akan merasakan wajah lebih cerah setelah pemakaian kurang lebih minggu.

Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Serum

skincare untuk menghilangkan bekas jerawat, Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Serum

Tekstur light-watery tanpa meninggalkan kesan lengket dan berminyak

Serum ini merupakan rangkaian produk Snail Truecica dari Some by Mi dengan kandungan lendir black snail dan Truecica paling tinggi dibanding produk varian Snail Truecica lain. Jadi wajar jika lebih efektif menghilangkan bekas jerawat.

Tekstur produknya kental, tapi tidak lengket dan cepat terserap ke pori-pori. Komponennya juga aman dari alkohol dan aditif lainnya.

ElsheSkin Daily Protection Gel for Acne Skin

skincare untuk menghilangkan bekas jerawat, ElsheSkin Daily Protection Gel for Acne Skin

Bagi Mama yang tak suka aroma ‘kimia’ pada skincare, ini pas! Sunscreen dengan SPF 30 ini nggak punya aroma yang aneh-aneh. 

Sun protector pada sunscreen ini mampu mengendalikan jerawat dan membuat Mama tak khawatir lagi beraktivitas di luar rumah pada  siang hari.  

Pada ElsheSkin Daily Protection Gel for Acne Skin juga terdapat kandungan Capryloyl Salicylic Acid, Aloe Vera, Sulfur, Allantoin, dan Panthenol di mana semuanya itu membantu menyembuhkan luka dan menghilangkan bekas jerawat.

Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

skincare untuk menghilangkan bekas jerawat, Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Kalau kulit Mama kering, cocok banget pakai produk ini. Ini berkat ekstrak beetroot-nya yang berfungsi menyeimbangkan kelembaban kulit dan melawan berbagai bentuk radikal bebas pada kulit. 

Ditambah lagi ada kandungan ceramide yang bikin kulit makin terhidrasi untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Ceramide ini dihasilkan dari keberadaan niacinamide yang bertugas merangsangnya untuk terus berproduksi. Seperti diketahui, ceramide bermanfaat memperkokoh skin barrier agar lebih tahan dari efek polusi dan kotoran.

Whitelab Brightening Toner

skincare untuk menghilangkan bekas jerawat, Whitelab Brightening Toner

Pada produk toner ini, niacinamide dan kolagen berkolaborasi memudarkan hiperpigmentasi dan  memperkuat jaringan kulit agar jerawat baru tidak tumbuh. 

Teksturnya juga cair jadi tidak lengket dan bikin kulit terasa sejuk sehingga ampuh menenangkan jerawat meradang.

Avoskin Miraculous Refining Serum

Avoskin Miraculous Refining Serum, skincare untuk menghilangkan bekas jerawat

Skincare untuk menghilangkan bekas jerawat berikutnya adalah Avoskin Miraculous Refining. Serum ini merupakan chemical exfoliator yang mengandung 10% AHA dan 3% BHA, niacinamide, ceramide, 2% tea tree, witch hazel dan aloe vera.

Semuanya kandungan di atas efektif mengangkat dan meregenerasi sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah dan lembut, membantu menghilangkan komedo, juga mengenyalkan dan melembabkan kulit.

 

Skintific 5X Ceramide Low pH Cleanser

Skintific 5X Ceramide Low pH Cleanser, skincare untuk menghilangkan bekas jerawat

Sabun pembersih wajah ini hadir dengan kandungan ceramide pada sabun pembersih wajah ini 5 kali lebih banyak sehingga sangat ampuh menjaga kelembapan dan mengembalikan kesehatan skin barrier. Dengan tambahan niacinamide, menjadikan kulit lebih cerah dan sanggup menghilangkan noda bekas jerawat. Haluronic acid di dalamnya juga memberi tambahan nutrisi. 

Formulasi amino acid dan pH rendah (5,5) dengan teknologi micro foaming menghasilkan busa halus yang mampu membersihkan wajah hingga ke pori-pori, cocok untuk kulit sensitif.

Roro Mendut Brightening Face Treatment Oil

Roro Mendut Brightening Face Treatment Oil, skincare untuk menghilangkan bekas jerawat

Roro Mendut Brightening Face Treatment Oil dibuat dari bahan-bahan tradisional seperti biji bunga matahari, jeruk purut, biji bunga mawar, dan air beras. Gabungan komposisi ini bermanfaat mencerahkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

Vitamin C di dalamnya juga membuat wajah lebih glowing, lembab dan kenyal. Hanya saja, memang, teksturnya sangat berminyak, tapi cepat meresap ke dalam kulit, kok. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakanlah dua kali sehari pada pagi dan malam, ya.

Itulah 9 skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Semoga rekomendasi produk di atas membantu dalam memilih skincare yang tepat bagi kondisi kulit wajah Anda. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

60 ÷ fifteen =