8 Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Islam, Sudahkah Dipraktikkan?

cara sukses menurut islam, suami istri berangkat kerja

Setiap orang pasti ingin sukses dalam hidup. Namun, apa arti sukses sebenarnya? Dalam Islam, sukses bukan hanya tentang harta atau status sosial, melainkan juga tentang mencapai kebahagiaan dan ketenangan batin. Yuk, simak cara sukses menurut Islam yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Sukses Menurut Islam

Sejumlah usaha ini bisa menjadi cara sukses menurut Islam, apa saja?

1. Pentingnya Memahami Tujuan Hidup

Kita seringkali terlalu fokus pada kesuksesan duniawi sehingga lupa dengan tujuan hidup yang sebenarnya. Dalam Islam, tujuan hidup kita adalah untuk menyembah Allah dan mengikuti jalan-Nya. Memahami ini membantu kita menjaga fokus dan tetap berada di jalan yang benar.

Saat memahami bahwa hidup adalah untuk beribadah, kita akan lebih mudah menghadapi kesulitan dan tantangan. Kita tidak lagi melihat hambatan sebagai akhir dari segalanya, melainkan sebagai bagian dari perjalanan menuju kesuksesan sejati. Dengan begitu, energi kita akan lebih terfokus pada hal-hal yang benar-benar penting.

Bacaan Lainnya

Jadi jangan lupa tentukan tujuan hidup agar lebih mudah saat menjalaninya.

2. Disiplin dalam Waktu

cara sukses menurut islam, disiplin waktu, kerja tepat waktu

Shalat lima waktu merupakan salah satu kewajiban utama dalam Islam yang mengajarkan kita untuk disiplin dalam waktu. Setiap shalat memiliki waktu yang telah ditentukan dan harus dilakukan tepat waktu. Disiplin ini sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan melaksanakan shalat tepat waktu, kita belajar untuk menghargai waktu dan mengatur prioritas. Disiplin waktu ini akan membantu kita menjadi lebih produktif, baik dalam pekerjaan, studi, maupun urusan pribadi. Mulailah hari dengan shalat Fajr, dan manfaatkan waktu pagi untuk kegiatan yang bermanfaat seperti membaca Al-Quran, berolahraga, atau belajar.

3. Bangun Pagi Sebelum Subuh Setiap Hari

Tahu tidak kalau di saat fajar itu merupakan waktu terbaik untuk mengucapkan doa dalam memulai hari. Dengan bangun lebih awal sebelum subuh selain membantu kita salat subuh tepat waktu, juga bisa menjaga kesehatan. Saat itu Mama Papa bisa melakukan banyak hal mempersiapkan kegiatan rutinitas harian. 

Menikmati matahari terbit juga cukup menyenangkan dan membuat kita lebih bersyukur, karena bisa diberikan satu hari lagi untuk melakukan kebaikan dalam hidup. Jadi jangan malas-malasan lagi bangun siang, ya! 

4. Pentingnya Konsistensi

Mungkin Mama pernah merasa semangat dalam beberapa hari untuk bangun pagi atau bekerja keras, tapi kemudian kembali ke kebiasaan lama. Dalam Islam, konsistensi adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Rasulullah SAW bersabda, “Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang terus-menerus meskipun sedikit.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Mulailah dengan langkah kecil tetapi konsisten. Jika ingin membaca Al-Quran setiap hari, mulailah dengan beberapa ayat dan tingkatkan secara bertahap. Konsistensi akan membawa perubahan positif dalam jangka panjang dan membantu  mencapai tujuan-tujuan besar dengan lebih mudah.

5. Mampu Mengendalikan Diri

Pengendalian diri adalah salah satu nilai penting dalam Islam. Ada banyak hal yang diperbolehkan, namun ada juga yang dilarang. Mengendalikan diri dari hal-hal yang diharamkan dan berlebihan adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan keseimbangan hidup.

Misalnya, kita mungkin tergoda untuk bermalas-malasan atau menghabiskan waktu berlebihan di media sosial. Namun, dengan pengendalian diri, kita bisa mengarahkan energi dan waktu untuk hal-hal yang lebih produktif dan bermanfaat. Ini juga berlaku dalam mengendalikan nafsu makan, emosi, dan keinginan-keinginan lain yang dapat menghambat jalan menuju kesuksesan.

Doa-Doa untuk Mencapai Kesuksesan

cara sukses menurut islam, suami istri mengaji

Selain usaha dan kerja keras, doa juga merupakan bagian penting dari proses mencapai kesuksesan dalam Islam. Berikut beberapa doa yang bisa Mama amalkan:

1. Doa memohon kebaikan

Nabi Muhammad SAW biasa membaca:

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي وَاجْعَلْ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلْ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Allahumma ashlih liy diyniy aladi huwa ‘ishmatu amriy wa ashlih liy dunyaaya al latiy fiyhaa ma’aasyii wa aslih liy akhirotiy al latiy fiyha ma’aadiy waj’al alhayaata ziyaadatan liy  fiy kulli khoiri waj’al almauta roohata liy min kulli syarri

Artinya: Ya Allah ya Tuhanku, perbaikilah bagiku agamaku sebagai benteng urusanku; perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku; perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku! Jadikanlah ya Allah kehidupan ini mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan jadikanlah kematianku sebagai kebebasanku dari segala kejahatan. (HR. Muslim, 2720).

2. Doa Memohon Kemudahan 

Diriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW mengajarkan sebuah doa agar dipermudah segala urusan kita oleh Allah SWT

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa.

“Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau buat mudah dan Engkau bisa membuat kesulitan mudah jika Engkau kehendaki.” (HR. Ibn Hibbaan, dinilai sahih oleh al-Albaani).

3. Doa Memohon Kebaikan dan Perlindungan 

Doa kebahagiaan dunia dan akhirat yang termaktub dalam al-Quran surat Al-Baqarah 201:

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil-aakhirati hasanah wa qina ‘adzaabannaar

Artinya: Ya Tuhan kami,  berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.

 

Yuk, praktikkan cara sukses menurut Islam di atas! Dengan memahami tujuan hidup, disiplin waktu, konsistensi, dan pengendalian diri, kita bisa mencapai kesuksesan sejati yang membawa kebahagiaan dan ketenangan batin di dunia dan akhirat. Aamiin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× one = 10