Nyeri Perut Sebelah Kiri Saat Hamil, Kapan Harus ke Dokter?

nyeri perut sebelah kiri saat hamil

Banyak wanita mengalami nyeri perut sebelah kiri saat hamil. Biasanya ini terjadi di awal kehamilan. Dan ini normal, loh, ternyata. Tapi bisa juga tidak normal bila nyeri perut sebelah kiri saat hamil disertai dengan beberapa hal ini. Disimak, ya!

Normalkah Nyeri Perut Sebelah Kiri Saat Hamil? 

Pada kehamilan trimester pertama, nyeri perut sebelah kiri kerap terjadi. Dan menurut National Health Services ini normal, jadi tidak perlu terlalu dikhawatirkan. 

Ini sebenarnya tanda bahwa tubuh ibu hamil, tepatnya bagian ligamen, sedang melakukan peregangan agar dapat memberi ruang bagi janin di dalam kandungannya, dan juga agar bisa menopang janin yang semakin besar. 

Rasa sakit yang ditimbulkan biasanya kram yang tumpul di satu sisi perut bagian bawah. Nyeri hanya akan terasa tajam jika ibu hamil bergerak secara tiba-tiba. Tapi tenang saja, kondisi ini hanya berlangsung selama beberapa detik saja, kok

Bacaan Lainnya

Kapan sekiranya rasa nyeri perut ini hilang? Umumnya sih rasa nyeri akan berlanjut di trimester berikutnya dalam intensitas yang normal dan tidak disertai keluhan lain. 

Pada trimester kedua, nyeri ligamen bundar dapat menjadi penyebab umum nyeri perut sebelah kiri saat hamil. Ini juga bisa terjadi pada sisi kanan. Dalam hal ini, ligamen bundar yang bertugas menopang rahim meregang agar bisa mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh. 

Berikut ini beberapa jenis nyeri perut sebelah kiri saat hamil dan rasa sakit yang menyertainya yang biasanya muncul:

  • Nyeri kram mirip seperti kram menstruasi
  • Tekanan di area panggul 
  • Kram atau nyeri perut sebelah kiri bawah
  • Nyeri di area kemaluan 
  • Nyeri di punggung bawah 
  • Rasa sakit menjalar ke paha
  • Sensasi gemeretak (bunyi klik) di panggul 
  • Sakit saat buang air kecil

Penyebab Lain Nyeri Perut Sebelah Kiri Saat Hamil

nyeri perut sebelah kiri saat hamil, sakit perut saat hamil

Lantas adakah penyebab lain dari nyeri perut sebelah kiri saat hamil? Ada! Berikut ini penjelasannya: 

Masalah pencernaan

Masalah pencernaan yang dimaksud adalah sembelit dan atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Ya, sembelit memang umum terjadi dalam kehamilan. 

SPD atau PGP

Disfungsi simfisis pubis (Simfisis Pubis Disfungsi/SPD) atau nyeri korset panggul (Pelvic Girdle Pain/PGP), yakni kondisi saat ligamen penyangga tulang panggul mengendur akibat hormon kehamilan yang disebut relaksin. 

PGP bisa terjadi di setiap tahap kehamilan, tapi biasanya lebih sering terjadi di trimester akhir. Rasa sakitnya mulai dari perut sebelah kiri hingga tulang kemaluan, kira-kira setinggi pinggul, pada kedua sisi punggung bawah, atau di perineum (area antara vagina dan anus). 

Bisa juga menyebar ke bagian paha. Ditambah sensasi gemeretak di area kemaluan. PGP memang tidak berbahaya bagi bayi, tapi sudah pasti membuat ibu hamil merasa sangat tidak nyaman.

Infeksi saluran kemih (ISK) 

Infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal juga bisa menyebabkan nyeri perut sebelah kiri saat hamil. Umumnya ini terjadi pada wanita hamil perubahan hormonal dan struktural selama kehamilan.

Solusio plasenta 

Solusio plasenta juga bisa jadi penyebab nyeri perut serius yang bisa terjadi kapan saja setelah minggu ke-20 kehamilan. Ini adalah kondisi di mana ada pemisahan plasenta dari dinding rahim.

Untuk diketahui, nyeri perut sebelah kanan juga bisa dialami ibu hamil, tepatnya di bagian bawah tulang rusuk. Menurut Medicine Net, kemungkinan ini tanda preeklampsia. Pada beberapa ibu hamil, preeklamsia terjadi setelah minggu ke-20 kehamilan. 

Kapan Harus ke Dokter?

nyeri perut sebelah kiri saat hamil, sakit perut saat hamil, ibu hamil sakit perut

Ibu hamil harus segera memeriksakan diri ke dokter jika sakit perut disertai ini: 

  • Pendarahan atau bercak
  • Kram yang teratur
  • Keputihan yang tidak biasa bagi
  • Nyeri punggung bawah
  • Nyeri atau perih saat buang air kecil
  • Rasa sakitnya yang sangat parah dan tidak hilang meski sudah beristirahat 30-60 menit.

Semua gejala di atas besar kemungkinan terjadi akibat masalah kesehatan tertentu, jadi harus segera diperiksa dan diobati.

Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan fisik dan mencatat riwayat kesehatan Mama. Ia juga kemungkinan akan melakukan pemeriksaan USG atau magnetic resonance imaging (MRI) untuk mengetahui penyebab pasti nyeri perut sebelah kiri saat hamil, ditambah tes darah dan atau urin jika didiagnosa menderita infeksi saluran kemih.

 

Itulah penjelasan mengenai nyeri perut sebelah kiri saat hamil. Jika mengalami tanda-tanda di atas dan sudah memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan perut sebelum hamil, segera periksakan diri ke dokter, ya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + four =