Cegah Terlihat Lebih Tua, Ini Cara Mengatasi Kantung Mata dan Mata Panda

cara mengatasi kantung mata, cara mengatasi mata panda, lingkaran hitam di bawah mata

Kantung mata dan mata panda membuat Mama terlihat lelah atau lebih tua? Cari tahu cara mengatasi kantung mata dan mata panda dengan mengenali penyebabnya. Sudahkah Mama tahu perbedaan kedua masalah ini?

Penyebab Kantung Mata dan Mata Panda

Mata panda atau kantung mata ini sering kali dikaitkan ketika Mama punya kebiasaan kurang tidur. Terutama pada Mama yang memiliki kesibukan padat, seperti Mama yang baru punya bayi atau sedang punya pekerjaan rumah dan kantor yang menumpuk. Tapi meskipun kerap disebut beriringan, ternyata mata panda dan kantung mata adalah dua masalah yang berbeda.

Apa itu kantung mata? Menurut Dr. Kevin, SpM, Dokter Spesialis Mata dari KMN EyeCare, kantung mata adalah pembengkakan yang terjadi di bawah mata. Ketika lemak atau cairan menumpuk di bawah mata menyebabkan pembengkakan yang terlihat seperti kantung.

  • Penyebabnya antara lain:
  • Faktor penuaan
  • Genetika
  • Alergi
  • Asap rokok
  • Pola makan yang buruk
  • Konsumsi garam berlebihan

Pada beberapa kasus, kondisi medis tertentu juga dapat menjadi penyebabnya munculnya kantung mata. Kondisi medis seperti dermatitis, penyakit ginjal, dan penyakit mata tiroid juga berpengaruh terhadap kemunculan kantung mata.

Bacaan Lainnya

Sedangkan pada mata panda, bagaimana dapat muncul? Mata panda terjadi saat kulit di sekitar mata menggelap, biasanya berwarna keunguan atau kebiruan.

  • Penyebab umumnya antara lain,
  • Kurang tidur
  • Stres
  • Pola tidur yang tidak teratur
  • Faktor genetik
  • Paparan sinar matahari yang berlebihan. Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa menghasilkan melanin berlebih, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit. Tubuh mungkin akan menyimpan kelebihan melanin di bawah mata, sehingga menyebabkan hiperpigmentasi.

Dr. Kevin memaparkan, mata panda juga dapat berhubungan dengan peradangan kulit di sekitar mata. Faktor-faktor penyebab di atas dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar dan menyebabkan warna gelap pada kulit di bawah mata. Itu sebabnya kondisi ini juga dikenal dengan sebutan lingkaran hitam di area mata.

cara mengatasi kantung mata, cara mengatasi mata panda, lingkaran hitam di bawah mata, mata lelah

Dari penjelasan di atas, ada banyak perbedaaan dari dua masalah ini. Perbedaan lainnya dapat terlihat dari ciri-ciri mata panda dan kantung mata.

Ciri-ciri kantung mata

Terletak di bawah mata, kondisi ini biasanya memiliki warna yang sesuai dengan warna kulit. Tak jarang warna kulit di bawah mata juga menjadi lebih gelap seperti mata panda. Apabila Mama merabanya, area di bawah mata tidak rata karena mengalami bengkak ringan.

Ciri-ciri mata panda

Terjadi di area sekitar mata, sehingga membuat kelopak mata hingga bawah mata berwarna lebih gelap dari kulit lainnya. Seringkali area kulit bawah mata akan cenderung lebih kering dan lebih gelap serta tidak bengkak. Mata panda biasanya berwarna kebiruan atau keunguan.

Cara Mengatasi Kantung Mata dan Mata Panda

cara mengatasi kantung mata, cara mengatasi mata panda, kantung mata

Beda penyebab, beda pula penanganannya. Secara umum, kedua kondisi ini bukan menjadi tanda adanya masalah kesehatan penglihatan yang serius. Mama perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan berkonsultasi dengan dokter mata apabila kondisi ini disertai dengan pembengkakan yang semakin parah.

Cara mengatasi mata panda dan kantung mata masih tergolong ringan. Mama dapat memulainya dengan mengatur pola tidur dan mulai menjalani gaya hidup sehat.

Cara mengatasi mata panda

Ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan di rumah untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Pengobatan rumahan, seperti:

  • Usahakan tidur setidaknya tujuh jam setiap malam untuk mencegah munculnya bayangan di sekitar mata.
  • Rutin menggunakan krim mata yang mengandung bahan seperti retinol, vitamin C, dan peptide. Krim ini dapat membantu memperbaiki tampilan mata panda dengan mengurangi pigmen berlebih dan memperkuat kulit di sekitar mata.
  • Gunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari untuk melindungi mata dari sinar matahari berlebihan.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, atau mentimun untuk menambah kesegaran pada kulit, termasuk juga kulit di sekitar mata.
  • Pada beberapa kasus mata panda, terlebih lagi yang disebabkan faktor genetik, lingkaran hitam di sekitar mata tidak dapat disamarkan. Penggunaan concealer saat make-up akan sangat membantu memperbaiki penampilan Mama.

Cara mengatasi kantung mata

Kantung mata biasanya merupakan masalah kosmetik dan tidak memerlukan perawatan medis. Perawatan di rumah dan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat dapat membantu mengurangi pembengkakan mata. Beberapa hal yang bisa Mama lakukan di rumah, antara lain:

  • Menggunakan kompres dingin di area mata selama beberapa menit dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.
  • Menggunakan irisan mentimun di area mata. Cara ini dapat membantu mengatasi bengkak karena mentimun kaya akan air dan vitamin C.
  • Alergi bisa memicu munculnya kantung mata. Hindari alergen dan konsultasikan dengan dokter tentang pengobatan alergi yang sesuai.
  • Kurangi asupan garam. Makanan tinggi garam dapat menyebabkan retensi air, yang dapat memperburuk kantung mata.
  • Bila kondisi ini sangat mengganggu penampilan Mama, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau mata. Dokter dapat menawarkan opsi seperti terapi laser atau pembedahan.

 

Nah, setelah mengetahui cara mengatasi kantung mata dan mata panda, yuk segera praktikkan di rumah, Ma!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventy five − = sixty five