Perubahan Perut Ibu Hamil dari Bulan ke Bulan, Kapan Normalnya Mulai Terlihat?

perubahan bentuk perut ibu hamil

Selama sembilan bulan kehamilan, tubuh Mama akan mengalami berbagai transformasi yang menakjubkan. Akan terjadi perubahan pada tubuh Mama, terutama perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan. 

Simak transformasi tubuh dan bentuk perut ibu hamil selama sembilan bulan dalam artikel berikut. 

Kapan Perut Ibu Hamil Mulai Terlihat?

Saat melihat hasil positif pada tespek, perasaan mulai campur aduk. Selain memikirkan  perkembangan janin kelama berada di dalam kandungan, Mama akan dibuat penasaran dengan perubahan bentuk tubuh dan perut selamai beberapa bulan kedepan, bagaimana bentuk tubuh Anda, dan kapan perut buncit akan mulai terlihat. 

Sebenarnya, tidak ada tahapan yang pasti kapan perut buncit ibu hamil akan mulai terlihat. Namun, banyak ibu hamil yang perut buncitnya mulai terlihat sekitar usia kehamilan 20 minggu, atau bahkan lebih cepat dari itu. 

Bacaan Lainnya

Dilansir dalam laman theBump, banyak faktor yang memengaruhi hal ini. Ukuran besar kecilnya perut ibu hamil juga akan bergantung pada berat badan wanita itu sendiri, usia, dan riwayat kesehatan. Wanita yang pernah melahirkan sebelumnya, perut buncitnya cenderung akan muncul lebih awal di kehamilan berikutnya. 

Selain itu, mereka juga akan memiliki ukuran perut yang lebih besar dibandingkan dengan ibu yang baru pertama kali hamil. Hal tersebut terjadi karena otot perut ibu yang sudah pernah melahirkan sebelumnya tidak terlalu kencang dan mulai meregang lebih cepat.

Cindy Duke, MD, pendiri dan CEO Nevada Fertility Institute di Las Vegas, Nevada juga menjelaskan, ukuran dan bentuk perut ibu hamil akan dipengaruhi oleh jumlah anak yang dikandung. Jika Mama hamil anak kembar, ukuran perut Mama saat hamil sudah pasti akan lebih besar dan muncul lebih awal. Terlebih lagi posisi bayi juga berpotensi menyebabkan ukuran perut tampak lebih lebar. 

Perubahan Perut Ibu Hamil dari Bulan ke Bulan 

perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan, bentuk perut ibu hamil

Usia Kehamilan 1 Bulan

Pada tahap ini, tidak akan banyak orang yang tahu bahwa Mama sedang hamil. Namun, Mama akan merasakan gejala-gejala kehamilan pada minggu-minggu pertama ini, seperti mual di pagi hari, kelelahan, hingga kembung. 

Meski gejala-gejala kehamilan tampak cukup jelas, tetapi perut Mama masih belum terlihat membuncit. Bahkan, beberapa Mama mungkin belum menyadari bahwa dirinya sedang hamil. 

Semetara itu, jantung dan paru-paru janin Anda akan mulai terbentuk di hari ke-22. Mama pun akan menghasilkan lebih banyak hormon yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan janin. Produksi hormon-hormon ini juga akan mengubah beberapa kondisi tubuh Mama, seperti payudara sedikit lebih besar dan sakit, lebih sering kesemutan, dan beberapa gejala kehamilan lainnya. 

Usia Kehamilan 2 Bulan 

Minggu ke 5 ini, embrio mulai berkembang. Otak dan tulang belakang janin mulai terbentuk diikuti oleh tabung saraf. Pembuluh darah di sekitar perut Mama mungkin juga mulai lebih menonjol, karena tubuh menghasilkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin. 

Meskipun perubahan bentuk perut ibu hamil 8 minggu mungkin belum terlihat banyak, tetapi gejala kehamilan mulai terlihat lebih jelas di minggu-minggu ini. Beberapa Mama pun baru akan menyadari bahwa dirinya hamil di bulan ini. 

Usia Kehamilan 3 Bulan 

Di tahap ini, jari tangan dan kaki janin mulai ditumbuhi kuku yang lembut serta rambut-rambut halus di kulitnya. Berat janin juga bertambah. Karena itu, berat badan Mama juga mungkin akan sedikit bertambah, ukuran pinggang dan ukuran payudara akan bertambah pula. Namun, beberapa ibu mungkin juga akan mengalami penurunan berat badan. Jangan lupa konsultasi ke dokter kandungan Anda, berapa berat badan yang ideal untuk Mama saat ini, ya. 

Beberapa ibu mungkin akan mulai merasakan perut buncitnya di bulan ini, tetapi ibu lainnya mungkin belum terlihat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ukuran perut ibu hamil dipengaruhi oleh berbagai faktor. Menurut American Pregnancy Association, ukuran rahim ibu hamil di minggu ke 12 kehamilan diibaratkan sebesar jeruk bali. 

Usia Kehamilan 4 Bulan 

Ada beberapa ibu hamil yang mungkin masih tidak bisa merasakan banyak perubahan saat memasuki trimester kedua ini. Namun kabar baiknya, nafsu makan Mama akan meningkat dan gejala mual di pagi hari akan menghilang. Mama pun akan merasa lebih enerjik. Beberapa ibu hamil juga perutnya mulai terlihat besar bulan ini. 

Usia Kehamilan 5 Bulan 

Di usia 5 bulan, Mama mulai bisa merasakan bayi Anda bergerak. Janin mulai bisa berputar ke kiri dan ke kanan, dan berat janin juga bertambah. Ukuran perut Anda juga akan semakin terlihat, dan orang-orang akan mengetahui bahwa Mama sedang hamil. 

Usia Kehamilan 6 Bulan 

Di usia kehamilan ini, bayi di dalam kandungan terus tumbuh dengan pesat. Mama juga mungkin merasakan bayi menendang dengan kuat dari dalam perut. Kulit di perut Anda yang membesar mungkin mulai terasa gatal juga karena kulit yang merenggang. Oleskan lotion ke tubuh setelah mandi untuk mengurangi rasa gatal ya, Mam.

Mama juga mungkin akan melihat garis vertikal gelap di tengah perut yang disebut linea nigra, yaitu pigmentasi umum yang tidak berbahaya karena perubahan hormon. Garis perut ini akan memudar setelah melahirkan. 

Selain itu, Mama mungkin akan merasakan sakit di sisi perut karena rahim yang meregang, dan ligamen yang menopangnya ikut tertarik. Bentuk perut Mama benar-benar bulat menonjol. Namun, benjolan perut akan tampak lebih menonjol ke atas. 

Seiring dengan membesarnya perut dan berkurangnya ruang di perut, Mama mungkin akan merasakan mulas beberapa kali. Menurut American Kehamilan Association, rahim Anda akan tumbuh seukuran buah pepaya. Sekarang, saatnya memakai baju hamil ya, Mam! 

Usia Kehamilan 7 Bulan 

Memasuki trimester ketiga ini, perut buncit Mama akan lebih besar lagi. Perut Mama akan terasa kencang dan berat dan berat badan bayi kian bertambah. Saat perut membesar, Mama mungkin akan kehilangan keseimbangan yang membuat Mama lebih mudah terjatuh. Hati-hati, ya Mam. 

Membesarnya perut dan meregangkan kulit di perut Anda menyebabkan munculnya stretch mark pada perut Mama dan akan terasa gatal. Oleskan pelembap secara teratur untuk meredakannya. 

Karena perut yang kian membesar, pusar mama mungkin juga akan semakin menonjol ke dalam atau bodong. Jangan khawatir Mam, tampilan ini bisa normal kembali setelah melahirkan nanti. 

Selain itu, banyak ibu yang mulai merasakan kontraksi palsu atau Braxton-Hicks di bulan ini. Ini normal, tetapi tetap memantaunya dan hubungi dokter segera jika mengalami kontraksi lebih dari 5 kali dalam satu jam untuk mengantisipasi persalinan prematur. 

Usia Kehamilan 8 Bulan

Bayi Anda sekarang sudah bisa lebih banyak bergerak, menendang, dan berputar dengan kuat. Pasangan dan orang-orang di sekitar Mama sekarang bisa merasakan gerakan bayi dari dalam perut Mama.

Seiring dengan membesarnya perut Mama, Mama mungkin akan sulit tidur karena merasa tidak nyaman. Coba letakkan beberapa bantal di bawah kepala, di antara kaki, atau di antara perut.

Selain itu, Mama mungkin mengalami sesak napas karena rahim yang membesar seiring dengan ukuran bayi yang membesar menekan ke paru-paru. Saat ini, rahim Mama diperkirakan sebesar buah semangka. 

Usia Kehamilan 9 Bulan

Bulan ini, posisi bayi sudah menuju ke jalan lahir. Meski pusar Mama terlihat lebih menonjol, tetapi pernapasan Anda mungkin jadi lebih lega. Namun, Mama mulai lebih sering buang air besar karena tekanan pada kandung kemih. 

Mama juga akan semakin tidak nyaman karena tekanan dan berat bayi yang kian bertambah. Namun, perut buncit Anda akan terlihat lebih menurun menonjol ke bawah. Itu tandanya bayi sudah masuk panggul dibarengi dengan tekanan dan nyeri di daerah panggul. 

Kekhawatiran Tentang Ukuran Perut Ibu Hamil

perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan, peruabahan perut ibu hamil

  • Ukuran perut Kecil. Ukuran perut yang kecil mungkin menandakan oligohidramnion, yaitu cairan ketuban yang sedikit. Kondisi ini bisa didiagnosis melalui USG. Gejala tambahannya termasuk bocornya cairan ketuban dan rahim yang lebih kecil dari usia kehamilan Anda.
  • Ukuran Perut Besar. Jika perut Anda lebih besar dari biasanya, kondisi ini mungkin bisa menandakan polihidramnion, yaitu terlalu banyak cairan ketuban. Kondisi ini, mirip dengan oligohidramnion, didiagnosis melalui USG, di mana dokter akan mengukur perut Anda untuk menentukan apakah rahim Anda terlalu besar. Selain itu, ukuran perut yang lebih besar bisa terjadi karena ini bukan kehamilan pertama. 
  • Bentuk Perut Tinggi. Jika Mama calon ibu yang aktif, bentuk otot yang besar dan otot perut yang kuat dapat menyebabkan perut lebih buncit. Alasan lainnya mungkin karena Anda tinggi.
  • Bentuk Perut Lebar. Artinya, posisi bayi Anda dalam posisi melintang atau miring ke samping. Ibu hamil yang kelebihan berat badan juga mungkin memiliki perutyang lebar. 

Itulah beberapa gambaran perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Mama yang sedang hamil, ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× seven = seventy